Logika dan Fungsi VLOOKUP & HLOOKUP di dalam Excel
Fungsi VLOOKUP & HLOOKUP di dalam Excel
Tujuan :
1. Memahami fungsi dan pengertian Vlookup & Hlookup di dalam excel2. Memberikan cara fungsi Vlookup & Hlookup di dalam excel
Uraian :
A. Fungsi Vlookup
Rumus Vlookup excel adalah Rumus excel yang digunakan untuk mengambil suatu nilai dari tabel sumber (tabel lain) yang akan dijadikan referensi kedalam tabel yang sedang dianalisa. Rumus Vlookup ini sangat populer sebagai rumus dasar yang harus anda pelajari jika anda bekerja dengan program excel. Penggunaan Rumus Vlookup dapat dijadikan solusi ketika kita kesulitan dalam penggunaan fungsi IF dengan banyak kondisi dan kriteria. dari banyak kondisi tersebut kita dapat buatkan satu tabel sebagai referensi yang kemudian kita bisa ambil nilainya menggunakan fungsi Vlookup. secara tidak langsung Fungsi vlookup dapat kita gunakan untuk menanggulangi kelemahan fungsi If yang hanya dapat menampung 64 kondisi saja.
Keterangan :
- VLOOKUP = Fungsi / Rumus Vlookup untuk mengambil data secara vertical (vertical lookup).
- lookup_value = adalah nilai yang akan dicocokan dengan nilai yg ada pada table_array.
- table_array = adalah tabel sumber yang akan diambil datanya.
- col_index_num= adalah nomor kolom yg ada pada table_array
- range_lookup = Metode pencarian dalam table sumber yang bernilai TRUE “1” atau FALSE “0”
Berikut contoh fungsi vlookup dengan rumus =VLOOKUP(B5;$K$8:$M$17;2) seperti dibawah ini
B. Fungsi Hlookup
Fungsi Hlookup adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil suatu nilai dari tabel lain yang akan dijadikan referensi dengan membaca data secara horisontal. Hlookup juga disebut horisontal lookup karena pembacaan tabel array secara horisontal, bedanya dengan Vlookup adalah pembacaan datanya pada tabel array secara vertical.
Keterangan :
- HLOOKUP Fungsi hlookup untuk mengambil data secara horisontal
- lookup_value = adalah nilai yang akan dicocokan dengan nilai yg ada pada table_array.
- table_array = adalah tabel sumber yang akan diambil datanya.
- row_index_num= adalah nomor baris yg ada pd table_array.
- range_lookup = Metode pencarian dalam table sumber yang bernilai TRUE “1” atau FALSE “0”
Berikut contoh fungsi hlookup dengan rumus =HLOOKUP(B5;$H$6:$Q$8;2) seperti dibawah ini
C. Studi Kasus
Pada tabel diatas kita mengisi kolom "Gaji Pokok, Tunjangan, Transportasi sampai dengan Gaji Bersih yang didapat pada setiap orang. Pertama kita harus memasukan rumus pada kolom gaji dengan rumus =VLOOKUP(G5;$A$4:$D$6;2) lalu ditarik kebawah dan hasilnya seperti di bawah ini
Selanjutnya kita isi kolom "Tunjangan" dengan penulisan fungsinya =VLOOKUP(G5;$A$4:$D$6;3) Lalu ditarik ke bawah dan hasilnya seperti di bawah ini
Selanjutnya kita isi kolom "Transportasi" dengan penulisan fungsinya =VLOOKUP(G5;$A$4:$D$6;4) Lalu ditarik ke bawah dan hasilnya seperti di bawah ini
Selanjutnya kita isi kolom "Total Gaji" dengan penulisan fungsinya =SUM(I5+J5+K5) Lalu ditarik ke bawah dan hasilnya seperti di bawah ini
Selanjutnya kita isi kolom "Pajak" dengan penulisan fungsinya =HLOOKUP(G5;$B$9:$D$10;2)*L5 Lalu ditarik ke bawah dan hasilnya seperti di bawah ini
Dan yang terakhir kita isi kolom "Gaji Bersih" dengan penulisan fungsinya =SUM(I5-M5) Lalu ditarik ke bawah dan hasilnya seperti di bawah ini
THANK YOU FOR ATTETION :)))
Komentar
Posting Komentar